Popularitas sepak bola di Amerika Serkat

5-popularitas-sepak-bola-amerika

Lionel Messi, David Beckham, Cristiano Ronaldo. Tanyakan nama-nama tersebut pada anak-anak Amerika berusia 10 sampai 20 tahun maka kesempatan mereka untuk mengingat nama tenar tersebut sangat kecil dan mereka cenderung akan mengingat pahlawan-pahlawan di ajang Baseball ketimbang sepak bola. Amerika memang negara pecinta olah raga, tapi popularitas sepak bola tidak begitu besar di negara ini.

Selama beberapa tahun ke belakang, Major League Soccer (MLS) meledak dan berhasil menjangkau banyak sekali lapisan masyarakat Amerika. Meski dianggap sebagai sepupu dari liga-liga terkenal Eropa seperti Liga Primer Inggris, La Liga dan Bundesliga, angka penonton dari liga ini terus berkembang secara eksplosif. Sepuluh tahun lalu, liga ini hanya memiliki tiga pemilik dan sepuluh tim. Di tahun 2014, dan terdapat 19 klub dan dua klub lagi siap bergabung. David Beckham yang merupakan salah satu pengubah peta pertandingan ketika mempopulerkan olah raga sepak bola di Amerika juga mengumumkan bahwa dia sudah membeli salah satu tim MLS di Miami.

Faktor lain yang telah memainkan peran penting dalam mengembangkan popularitas sepak bola di Amerika adalah demografi dari negara ini. Fakta bahwa fans sepak bola masih muda dan merupakan komunitas yang bertumbuh dengan cepat. Riset di olah raga ini menunjukkan bahwa kebanyakan fans sepak bola di Amerika Serikat berusia 12-29 tahun atau anggota dari ras Hispanis. Mereka adalah fans fanatik yang terus memperhatikan sepak bola di setiap saatnya.

Ras hispanis juga meningkat di seluruh Amerika dan mungkin terdiri dari du apertiga dari populasi pada tahun 2050. Sebuah survey di kalangan masyarakat Hispanis menunjukkan jika 56 persen dari populasi ini kemungkinan selalu menyaksika Piala Dunia.

Ada juga aspek ketiga yang menjelaskan popularitas sepak bola di Amerika. Orang tua Amerika saat ini mendorong anak-anak mereka untuk bermain bola sebagai olah raga pilihan ketimbang Football Amerika. Kemungkinan cidera kepala yang muncul sebagai akibat bermain Football adalah salah astu alasan utama mengapa orang tua mulai mengubah pandangan mereka. Sekarang, 30 persen keluarga Amerika setidaknya punya satu anggota keluarga yang bermain bola.

Comments are closed