Mengenal sejarah singkat sepak bola

1-sejarah-sepak-bola

Sepak bola merupakan permainan paling terkenal di dunia dan jutaan orang menyaksikan pertandingan ini dan menikmatinya tetapi jelas sekali terkait dengan sejarah pertandingan, tidak ada yang tahu pasti kapan sepak bola ini dimainkan. Tetapi berabad-abad lalu di tahun 1000 SM, Jepang diperkirakan pernah memainkan jenis permainan yang sama. Masyarakat kuno Yunani dan juga Cina diperkirakan pernah memainkan permainan yang mirip dengan sepak bola.

Di tahun 1300’an, semasa pemerintahan King Edward, siapa saja yang tertangkap tengah bermain bola akan langsung dimasukan ke penjara dan olah raga ini dianggap tidak aman dan menjadi gangguan masyarakat. Hukuman itu ditarik tahun 1681 dan sepak bola mulai diizinkan untuk dimainkan di Inggris dan di tahun 1800’an, permainan ini menjadi sangat terkenal sehingga ada kompetisi sepak bola yang diselenggarakan tiap satu tahun sekali. Setelah liga utama berjalan dan mulai terbentuk di seluruh dunia dan sepak bola berubah menjadi sepak bola yang banyak ditonton. Sepak bola tampil pertama kali di ajang Olimpiade musim panas tahun 1900 ketika sebuah klub Inggris berhasil jadi pemenang.

Saat ini, kejuaraan ini dimainkan oleh tim nasional dan bukan oleh klub dan inilah satu faktor yang telah mendorong banyak sekali fans sepak bola ketika mereka mendukung negara mereka, bukan sekedar klub. Saat ini, sepak bola banyak ditonton di televisi dan jutaan dolar telah dihabiskan dalam pertandingan ini. Liga yang paling populer di seluruh dunia adalah Liga Primer Inggris, La Liga di Spanyol, Serie A di Italia dan Bundesliga di Jerman. Pemain sepak bola bahkan menjadi superstar dan jadi salah satu di antara atlet dengan bayaran termahal di dunia.

Jika melihat ke depan, sepak bola tengah berada dalam masa puncaknya. Akan tetapi, sepak bola juga belum melihat adanya penurunan atau masa stagnan dalam olah raga ini. Sepak bola juga telah memicu banyak sekali bisnis lain bermunculan, mulai dari sekolah sepak bola, pernak-pernik klub, dan juga beragam alat pendukung lainnya.

Comments are closed