Sejarah Liverpool FC

10-liverpool-fc-sejarah

Jika bukan karena satu orang, Tn John Houlding yang di tahun 1892 merupakan pemilik klub ketika Everton meninggalkan lapangan resmi mereka terkait argument tentang harga sewa. Everton diharuskan membayar jumlah yang lebih banyak dari yang dibayarkan mereka pada tahun 1884 ketika 1890 dia telah menaikkan harga sewa tanah tersebut, Everton tidak setuju dengan kenaikan itu sehingga argument dimulai.

John Houlding berupaya menyelesaikan masalah ini dengan berusaha mengubah Everton menjadi sebuah perusahaan seperti yang didengungkan dalam sebuah rapat tetapi tidak ada yang setuju sehingga dia menaikkan kembali harga sewa dan Everton mengatakan harga itu terlalu banyak dan menawari dia harga yang lebih rendah. Houlding menolak tawaran tersebut dan mengatakan dia tidak akan dan tidak akan pernah lagi bisa didikte seperti itu. Sehingga perpisahan itu terjadi di tanggal 12 Maret 1892.

Dia meninggalkan rapat itu dan tanggal 15 Maret 1892 dia dan bersama rekan koleganya membentuk sebuah klub baru dari bawah yang disebut Liverpool. Dan terlahirlah salah satu klub terbesar dunia Liverpool FC. John Houlding sendiri tidak pernah memimpikan bahwa 100 tahun kemudian dia bisa dibilang berhasil membentuk salah satu klub terhebat di dunia. Mereka berhasil mengemas 18 gelar Liga Primer, tujuh kali juara FA, tujuh kali piala liga, lima kali Liga Champions, tiga kali UEFA Cup, dan Piala Super Eropa sebanyak tiga kali.

Salah satu manajer terhebat yang berkontribusi pada gelar-gelar ini adalah Bill Shankly yang memulai melatih di Liverpool tahun 1959. Dia melatih di Merseyside hingga tahun 1974.

Bob Paisley jadi manajer hingga 1983 kemudian datang Joe Fagan hingga 1985 kemudian Kenny Dalglish yang pergi di tahun 1991 tidak lama setelah salah satu bencana sepak bola terburuk dalam sejarah Hillsbourgh di mana 96 fans Liverpool kehilangan nyawanya.

Graeme Sourness mengambil alih pimpinan tersebut hingga dia hengkang di tahun 1994 dan Roy Evans jadi manajer selanjutnya dan kemudian bergabung Gerard Houllier di tahun 1998. Saat ini, Brendan Rodgers jadi pelatih kepala dari salah satu klub dengan sejuta sejarah ini.

Comments are closed