Biografi singkat Alan Shearer

15-alan-shearer

Meski dia dianggap sebagai pemain terbaik yang pernah dimiliki Newcastle United, Alan Shearer sempat mengalami awal karir yang mengecewakan bersmaa Newcastle di masa-masa awalnya. Ketika dia berusai 15 tahun, Alan Shearer sempat beruji coba dengan Newcastle, yang saat itu, tengah mengisi posisi sebagai penjaga gawang. Meski ada kecenderungan di lini depan, dia mencoba peruntungannya sebagai penjaga gawang tetapi akhirnya ditolak. Akan tetapi, ,semangatnya terangkat setelah tahu bahwa Southampton berminat dengan kemampuannya. Dia diundang ke dalam skuad junior Southampton tahun 1986.

Kemampuan sundulan Shearer, kemampuan fisik, dan juga tendangan kerasnya memikat tim nasional Inggris U18 dan juga staf dari skuad senior Southampton. Dalam pertandingan professional pertamanya menghadapi Chelsea tahun 1988, penampilannya jauh dari memukau. Dia kemudian diberikan kesempatan 2 minggu kemudian untuk bermain sebagai starter menghadapi Arsenal. Itulah kali pertama dia menebarkan ancamannya dengan mencetak hattrick. Penampilan luar biasa dari bocah berusia 17 tahun menghadapi tim papan atas ini membuat namanya langsung terkenal dalam hanya satu malam. Baik fans Southampton dan Arsenal tidak percaya apa yang dia lakukan saat itu. Beberapa tahun kemudian, Shearer menjadi starter tak tergantikan bagi Southampton. Barulah di tahun 1992 dia ditawari 7 juta US dari pelatih Blackburn. Itulah awal mula kejayaan karirnya, yang pada akhirnya membawa dia kembali ke klub lamanya, Newcastle United.

Tahun-tahun paling berkesan Shearer sebagai bintang sepak bola adalah ketika dia bermain dengan klub favorit masa kecilnya, Newcastle United. Di tahun 1996, dia mencetak 37 gol dalam 48 pertandingan, membuatnya dipanggil Inggris dalam Euro 1996. Dia langsung menjadi favorit di kompetisi itu meski tidak bisa membantu Inggris mencapai final. Namun demikian, dia berhasil masuk ke dalam salah satu pemain terbaik UEFA saat itu dan menjadi pencetak gol terbanyak dalam kompetisi itu.

Setelah penampilan memukau di ajang Euro 1996, Shearer ditawari sejumlah kontrak dari beberapa tim, salah satunya dari Manchester United. Dia akhirnya menolak tawaran Setan Merah dan memilih untuk tetap membela Newcastle United dan berpasangan dengan pahlawan masa kecilnya termasuk Kevin Keegan.

Comments are closed