Steve Heighway Legenda Liverpool

Steve Heighway in action during an unidentified match

Diyakini oleh banyak orang sebagai salah satu pemain paling berbakat yang pernah mengenakan seragam Liverpool, Steve Heighway biasanya bermain di sayap kiri dan terkenal karena kecepatan cahayanya, kontrol bola dan juga umpan satu dua.

Luar biasanya, kemampuan Steve Heighway sempat tidak teramati oleh klub-klub profesional, dan dia bahkan masih bermain dengan sepak bola non liga bersama klub amatir Skelmersdale United setelah menyelesaikan bangku kuliahnya, sampai dia dibeli oleh Liverpool di tahun 1971 di usia yang sudah cukup matang untuk seorang pemain bola, dua puluh dua tahun.

Hieghway kemudian berkembang menikmati era paling sukses dalam sejarah Liverpooll, menjadi bagian dari tim yang memenangkan lima gelar Liga, tiga piala Eropa dan juga satu FA Cup.

Dia menjadi pahlawan Anfield setelah mencetak gol luar biasa ketika Liverpool mengalahkan rival lokal mereka Everton.

Meski dia tidak pernah menjadi pencetak gol paling subur, total gol tertingginya dalam musim adalah di musim 1974-75 ketika dia mencetak sembilan gol pada musim itu. Kecepatan, kekuatan dan kemampuan Heighway adalah ciri khas utamanya dan dia selalu memberikan kekacauan dengan mudah sambil membuka lini bertahan lawan, dia juga memberikan banyak ruang mencetak gol untuk penyerang tajam lain seperti Kevin Kegan, John Toshack dan Kenny Dalglish.

Di tahun 1973 Heighway sudah menjadi pemain reguler di tim inti Liverpool yang memenangkan gelar LIga dan juga medali Piala UEFA, dia juga menjadi pemain reguer di tim nasional Irlandia.

Setelah memenangkan Piala UEFA lainnya di tahun 1976 hadiah terbesar datang di tahun 1977 ketika Liverpool memenangkan gelar Piala Eropa untuk pertama kalinya, dan mempertahankan piala tersebut di tahun berikutnya, meski memenangkan gelar Liga keempatnya di tahun 1978-79, Heighway tidak lagi diberikan tempat reguler di tim utama. Dua tahun kemudian dia dibeli oleh klub Amerika Serikat Minnesota setelah melengkapi 475 penampilan bagi Liverpool dan mencetak sebanyak 76 gol bagi klubnya. Angka yang terlihat kecil, tapi jika melihat posisi bermainnya sebagai pemain sayap tentu ini torehan yang sungguh luar biasa.

Comments are closed